Cara Mempertahankan Hubungan Asmara

Berhasil mendapatkan cinta sang pujaan hati bukanlah akhir dari perjuangan Anda. Melainkan awal dari perjuangan Anda, karena yang Anda pikirkan selanjutnya adalah bagaimana cara mempertahankan hubungan. Hal ini lebih sulit dilakukan, sebuah hubungan yang kuat membutuhkan kerjasama antara kedua belah pihak.

Cara Mempertahankan Hubungan AsmaraUntuk kelanggengan hubungan, tidak hanya membutuhkan cinta saja, tapi juga kepercayaan dan kesetiaan. Hubungan yang sudah berjalan lama jika tidak dijaga bisa juga putus di tengah jalan. Entah karena adanya orang ketiga, atau bahkan karena rasa jenuh dan bosan yang dirasakan salah satu pasangan.

Oleh karena itu, agar hubungan Anda dan pasangan Anda bisa langgeng sampai ajal menjemput, Anda harus tahu bagaimana cara mempertahankan hubungan tersebut. Pasangan yang saling mencintaipun hubungannya bisa rusak di tengah jalan jika sama-sama egois. Inilah beberapa cara mempertahankan hubungan  yang bisa Anda gunakan untuk memperkuat hubungan Anda.

Cara mempertahankan hubungan asmara:

  • Selalu jaga komunikasi

Lancarnya komunikasi adalah salah satu cara mempertahankan hubungan asmara. Meskipun Anda sibuk, Anda tetap harus menyempatkan diri untuk memberi dan menanyakan kabar pasangan Anda. Luangkan waktu Anda setiap minggunya khusus untuk pasangan Anda. Tidak perlu lama, yang penting berkualitas. Anda dan pasangan bisa saling berbincang tentang apa yang kalian lakukan selama sepekan ini.

Terlihat sepele memang, tapi ini adalah cara jitu agar hubungan Anda tetap langgeng. Komunikasi tetap terjaga juga menjadi tameng agar tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda dan dia. Karena apapun yang terjadi pada Anda, pasangan Anda sudah tahu, berlaku juga sebaliknya. Sehingga tidak ada celah bagi orang lain yang berusaha merusak hubungan kalian.

Baca Juga: Cara Meluluhkan Hati Wanita yang Marah

  • Saling jujur kepada pasangan

Selain komunikasi, cara mempertahankan hubungan yaitu dengan saling jujur kepada pasangan. Dimanapun, jujur itu selalu benar meski kadang menyakitkan. Anda harus selalu berusaha jujur kepada pasangan Anda. Sekali Anda mencoba berbohong mengenai hal kecil, selanjutnya Anda akan terbiasa melakukan kebohongna-kebohongan lain yang lebih besar. Hubungan yang dibangun dengan kebohongan akan rusak seiring berjalannya waktu. Anda pasti tidak ingin menginginkan hal ini terjadi.

  • Menjaga tetap romantis

Umumnya, sebuah hubungan akan romantis saat di awal saja. Jika hubungan sudah berlangsung bertahun-tahun, sikap romantisme biasanya akan terlupakan. Tidak heran jika pasangan baru biasanya lebih lengket dibandingkan pasangan yang sudah menjalin hubungan lama. Saat romantisme sudah hilang, yang ada tinggal keegoisan masing-masing. Perbedaan sepele saja bisa menjadi penyebab pertengkaran besar.

Oleh karena itu, cara mempertahakan hubungan salah satunya dengan menjaga tetap romantis. Sikap romantis tidak hanya untuk pasangan baru dan anak muda saja. Malahan lebih penting untuk pasangan yang sudah menjalin hubungan lama, demi menjaga kelanggengan hubungan. Sikap romantis tidak melulu tentang makan malam di restoran mewah atau memberikan seikat mawar.

Setiap wanita mempunyai penilaian terhadap ‘romantis’ yang berbeda-beda. Anda yang lebih mengenal wanita Anda, apa yang dia suka, bagaimana caranya membuatnya terkesan pada Anda. Misalkan saja dengan memasakkan makanan spesial untuknya, menonton film bersama, atau jalan-jalan bernostalgia di tempat-tempat yang dulu sering Anda kunjungi bersamanya. Mengenang masa-masa muda. Cara ini terbukti sangat efektif untuk mempertahankan hubungan.

  • Sesekali memberi kejutan

Memberikan kejutan kepada seseorang bisa membuat mereka bahagia. Dalam hal ini adalah kejutan yang positif tentunya, bukan kejutan untuk mengerjainya. Anda bisa memberikan barang yang dia suka atau mengajaknya ke tempat-tempat yang ingin dikunjunginya. Tidak melulu harus saat dia ulang tahun atau hari spesial saja. Anda bisa memberi kejutan setiap saat, meski tidak dalam moment special. Pemberian kejutan kepada pasangan, menunjukkan bahwa Anda peduli padanya. Dengan begitu dia akan merasa tersanjung dan lebih menyayangi Anda.

  • Saling mengerti dan memahami

Cara mempertahankan hubungan yang terakhir adalah dengan saling mengerti dan memahami. Anda harus memahami bahwa meskipun Anda sibuk, Anda harus meluangkan waktu untuk istri Anda, karena dia juga membutuhkan Anda. Anda dan dia harus saling mengerti tentang hak dan kewajiban masing-masing. Sehingga tidak terjadi pertengkaran karena adanya miskomunikasi antara Anda dengannnya.

Misalkan Anda sepulang kerja melihat istri Anda masih sibuk mengurus anak, sudah sepantasnya Anda membantunya. Memang Anda masih lelah karena baru pulang kerja, tapi ingat, menjaga keluarga adalah kewajiban Anda juga. Saling mengerti satu sama lain akan menjadikan hubungan Anda menjadi lebih indah. Perbedaan dan pertengkaran memang akan selalu terjadi dalam sebuah hubungan. Tapi setidaknya dengan saling mengerti dan memahami akan meminimalisir adanya pertengkaran besar yang bisa menimbulkan putusnya hubungan.